Gaya gesek dapat dijumpai pada kegiatan sehari-hari. Berjalan, menulis, bermain bola, dan pelbagai aktiviras lain yang kita lakukan tidak terlepas dan gaya gesek. Gaya gesek dapar rnenguntungkan dan juga dapar merugikan. Gaya gesek apakah yang dapat menguntungkan dan merugikan?
a. Gaya Gesek yang Menguntungkan
Beberapa contoh gaya gesek yang menguntungkan dapat kita jumpai pada kejadian-kejadian berikur.
1.  kaki dengan jalan mcnycbabkan kita dapat berjalan. Kita Icbih mudah berjalan di tanah dengan gaya gesek yang besar dan pada berjalan di jalan yang licin dengan gaya geseic kecil.
2. Ban kcndaraan (sepeda, sepeda motor, mobil, dan sebagainya) dibuat beralur untuk memperbesar gaya gesek ban dengan jalan. Jika ban kendaraan halus, kcmungkinan kccclakaan akan lchih mudah tcrjadi.
3. Gcsckan udara dirnanfaatkan olch pcncrjun payung. L)engan menggunakan parasut, penen un dapat sampai di bumi dengan selamar.
4. Dalam balap mobil, badan mobil balap dibuat acrodinamis. Dengan badan mobil yang aerodinamis,
gesekan dengan udara menjadi sangat kecil sebingga mobil dapar melaju dengan kecepatan penuh. Benruk aerodinamis ini juga digunakan pada kcrcta api super cepat yang dapat melaju dengan keceparan 261,8 km!
jam. Selain ¡ru, pesawat juga rnenggunakan benruk aerodinamis. Pesawar Concorde bahkan dapat terbang dengan keceparan 2.1 50 km/jam.
5. Gaya gesek juga dimanfaatkan pada sisrem pengereman kendaraan.
b. Gaya Gesek yang Merugikan
Pada beberapa peristiwa, gaya gesek juga dapar merugilcan kira. Beherapa contoh gaya gesek yang merugikan anrara lain,
1.  antara ban dengan aspal mcngakibatkan ban menjadi aus. Ban yang aus ini dapat menyebabkan kendaraan tergelincir.
2. Gesekan anrara bagian-bagian mesin kendaraan mengakibarkan mcsin menjadi aus. Untuk mengurangi gcsckan pada mesin kita dapat menggunakan pclumas.
3. Gesekan kendaraan yang bergerak dengan udara memperlambat kelaj uannya.
Dapatkah anda memberikan contoh gaya gesek yang menguntungkan dan gaya gesek yang merugikan lainnya !!!

Poskan Komentar Blogger

 
Top