GuidePedia

0
POHON YODIUM

Pohon yodium ini mempunyai banyak sebutan terutama di daerah Indonesia. Di pulau Jawa ada yang menyebutnya dengan nama jarak cina, jarak tintir dan jarak gurita. Di daerah ternate mereka menyebutnya dengan nama balacai batai. Sedangkan nama ilmiah dari pohon yodium itu sendiri adalah Jatropha multifidal

KARATERISTIK
Pohon yodium ini merupakan tumbuhan menaun dan termasuk tumbuhan semak yang mempunyai akar tunggang. Tinggi tanaman bisa mencapai sekitar 2 meter. Mempunyai batang yang bulat dan berkayu. Pangkal batangnya membesar. Seluruh bagian dari tumbuhan ini bergetah dan bagian batang tampak jelas membekasnya dari batang daun yang telah gugur. Ketika masih muda batang berwarna hijau dan setelah tua menjadi putih kehijauan. Tanaman ini berdaun tunggal dengan warna hijau dan tersebar diseluruh batang. Daun berbentuk hati dengan ujung runcing dan pangkal membulat. Bunga tanaman ini bunga majemuk berbentuk malai dan mempunyai tangkai. Bunga muncul pada ujung cabang dengan panjang tangkai bunga sekitar 1,5 cm. batang bunga berwarna hijau dan jika tua berwarna coklat. Sedangkan bunga berwarna merah. Benang sari bunga ada delapan buah dan kepala sari berbentuk tapak kuda disertai putik bunga tiga buah berukuran pendek. Tanaman ini mempunyai biji yang berbentuk bulat. Ketika biji masih muda warnanya putih dan akan menjadi berwarna coklat saat sudah tua.

KANDUNGAN
 
Rasa pohon yodium ini agak pahit dan bersifat netral. Kandungan kimia yang dimiliki tanaman ini adalah Kampesterol, alpha amirin, stigmaterol, 7 alpha-diol, HCN dan beta-sitosterol, sedang kandungan pada batangnya adalah alkaloid (yang disebut-sebut penggumpal darah), flavonoid, saponin dan tannin.


KHASIATNYA DAN CARA PENYEMBUHANNYA
 
1. Penyembuh bengkak akibat terpukul, terkilir dan patah tulang A mbil tujuh helai daun segar dan cuci hingga bersih, lalu tumbuk sampai halus.Tambah dengan sedikit air hingga membentuk adonan dan oleskan pada bagian yang sakit.
2. Penyembuh Luka berdarah A mbil daun segar atau batang dan oleskan getahnya pada luka baru yang sebelumnya luka dicuci dengan bersih.
3. Mencegah dan mengobati kerusakan gigi A mbil satu butir bijinya, tumbuk sampai halus dan seduh dengan segelas air panas. Gunakan untuk berkumur saat sudah dingin selama 3 hingga 5 menit. Lakukan tiga kali sehari. Perawatan tanaman yodium Perawatannya sangat mudah, hanya disiram rutin tiap hari dan jaga kelembapan tanahnya. Bila ingin tumbuh subur beri pupuk organic dan beri sinar matahari yang cukup.

Poskan Komentar Blogger

 
Top